Israel larang pengungsi Suriah masuk wilayahnya

Alasan keamanan negaranya, Israel tidak memperbolehkan para pengungsi Suriah masuk.

Israel tidak memperbolehkan para pengungsi Suriah masuk ke wilayahnya./Antara Foto

Israel tidak akan memperbolehkan para pengungsi Suriah memasuki wilayahnya, meski tetap memberikan bantuan kemanusiaan bagi pengungsi. 

Menteri Pertahanan Avigdor Lieberman pada Jumat (29/6) mengatakan larangan tersebut dilakukan demi menjaga keamanan negaranya. Lieberman menegaskan perlindungan kepada warga negaranya paling diutamakan. 

Pernyataan Lieberman lewat twitter tersebut, menekankan sikap Israel yang diikuti oleh Menteri Energi Yuval Steinitz bahwa para pengungsi tidak diperbolehkan masuk. 

"Kami memperhatikan secara saksama peristiwa di Suriah Selatan. Namun prioritas kami menjaga kepentingan keamanan Israel. Meski demikian, kami siap memberikan bantuan kemanusiaan bagi para warga sipil, perempuan dan anak-anak tapi kita tidak akan menerima pengungsi Suriah ke wilayah kita," Lieberman seperti dikutip Antara.

Lebih dari 120.000 orang di Suriah barat daya terpaksa mengungsi sejak pemerintah Suriah meluncurkan serangan untuk merebut kembali sebuah daerah perbatasan antara Jordania dan Dataran Tinggi Golan, yang diduduki Israel, dari para pemberontak, kata satu kelompok pemantau.