Jejak Industri global pertahanan Turki: Dari Chile sampai Indonesia

Perjalanan global Aselsan sepanjang tahun ini juga memperlihatkan ekspor perdana teknologi optik drone dan perangkat panduannya yang baru

Gambar resmi yang dirilis oleh Turkish Aerospace Industries menunjukkan jet tempur generasi kelima Turki KAAN lepas landas pada penerbangan pertamanya, Ankara Turki, 21 Februari 2024. Foto: Reuters/Daily Sabah

Di tengah strategi diversifikasi dan langkah signifikan yang telah dilakukan Türkiye selama dua dekade terakhir dalam mengembangkan industri pertahanannya, beberapa perusahaan Turki kini berupaya memperluas jejak mereka di berbagai wilayah, sehingga semakin memperkuat prospek pengembangan sektor ini.

Yang terdepan adalah perusahaan seperti raksasa elektronik pertahanan Aselsan, yang kurang dari seminggu yang lalu mengumumkan pembukaan kantor di Amerika Latin, yaitu di Santiago, ibu kota Chile.

Kantor tersebut “akan memberikan kontribusi besar terhadap potensi kerja sama jangka panjang Aselsan di Amerika Latin,” kata perusahaan itu.

Pengumuman ini disampaikan pada Pameran Dirgantara dan Luar Angkasa Internasional Chile, FIDAE 2024, yang diadakan antara tanggal 9-14 April, disponsori oleh InvestChile – lembaga pemerintah yang bertanggung jawab untuk mempromosikan Chile di pasar global.

Langkah ini mengikuti pembukaan kantor di Uni Emirat Arab (UEA) awal tahun ini, yang diambil untuk menanggapi kebutuhan pengguna Aselsan yang ada dan calon pengguna di wilayah Emirat dan Teluk.