Jelang pemilu, Senegal membebaskan para pemimpin oposisi dari penjara

Pendukung Sonko berpendapat bahwa masalah hukumnya adalah bagian dari upaya pemerintah untuk menggagalkan pencalonannya.

Pembebasan dirayakan besar-besaran pendukungnya di ibu kota Dakar.

Ousmane Sonko, pemimpin oposisi utama Senegal, dibebaskan dari penjara pada Kamis malam hanya 10 hari sebelum pemilihan presiden bulan ini. Pembebasan ini dirayakan besar-besaran pendukungnya di ibu kota Dakar.

Sonko secara luas dipandang sebagai penantang utama partai berkuasa Presiden Macky Sall. Dia disambut di luar penjara oleh kerumunan pendukung yang mengibarkan bendera, meneriakkan dan mengangkat poster.

Sonko telah dipenjara sejak Juli dan telah berjuang secara hukum untuk mencalonkan diri sebagai presiden pada pemilu 24 Maret. Sonko dan sekutu utamanya, Bassirou Diomaye Faye, keduanya dibebaskan, kata pengacaranya Bamba Cisse kepada The Associated Press (AP).

Belum jelas bagaimana pembebasan mereka akan berdampak pada pemilu. Faye ditunjuk sebagai kandidat pemilu oposisi setelah Sonko dilarang mencalonkan diri.

Pendukung juga berkumpul di rumah Sonko dan di lokasi lain di Dakar untuk merayakannya. Konvoi pendukung berkeliling ibu kota sambil membunyikan klakson dan berteriak hingga larut malam.