Jet AS menembak jatuh objek tak dikenal di lepas pantai Alaska

Justin Trudeau mengatakan dalam sebuah tweet pada hari Jumat bahwa dia telah diberi pengarahan dan mendukung keputusan tersebut.

Juru bicara Dewan Keamanan Nasional John Kirby berbicara dalam pengarahan harian di Gedung Putih di Washington, Jumat, 10 Februari 2023. Foto: AP

Sebuah jet tempur militer AS menembak jatuh objek tak dikenal yang terbang di lepas pantai utara Alaska yang terpencil pada Jumat atas perintah Presiden Joe Biden. 

Juru bicara Dewan Keamanan Nasional Gedung Putih John Kirby mengatakan, objek itu jatuh karena terbang di ketinggian sekitar 40.000 kaki (13.000 meter) dan menimbulkan "ancaman yang masuk akal" terhadap keselamatan penerbangan sipil, bukan karena diketahui terlibat dalam pengawasan. 

Ditanya tentang jatuhnya objek, Biden pada hari Jumat hanya mengatakan bahwa "Itu sukses." Pesawat komersial dan jet pribadi dapat terbang setinggi 45.000 kaki (13.700 meter).

Kirby menggambarkan objek itu kira-kira seukuran mobil kecil, jauh lebih kecil dari balon mata-mata China yang diduga jatuh oleh jet tempur Angkatan Udara Sabtu di lepas pantai Carolina Selatan setelah transit di situs militer sensitif di seluruh benua AS. 

Pejabat Gedung Putih itu tidak dapat mengatakan apakah objek terbaru berisi peralatan pengawasan, dari mana asalnya atau apa tujuannya.