Jokowi bertolak ke Italia, Inggris, dan UEA

Jokowi akan terlibat dalam pembicaraan seputar usaha mikro, UMKM dan perempuan. Selanjutnya membahas isu perubahan iklim.

Presiden Joko Widodo. foto Instagram Jokowi

Presiden Joko Widodo bertolak ke beberapa negara pagi ini, (29/10) dalam rangka menjalankan kunjungan kerja. Jokowi dijadwalkan akan menyambangi tiga negara, yakni Italia, Inggris Raya, dan Uni Emirat Arab.

“Saya meninggalkan Tanah Air pagi ini untuk berkunjung ke tiga negara: Italia, Inggris Raya, dan Persatuan Emirat Arab,” tulis Jokowi melalui akun Instagramnya.

Di Italia, Roma, Jokowi akan menghadiri KTT G20 pada tanggal 30-31 Oktober 2021. Di akhir KTT, Indonesia akan menerima presidensi G20 dari Italia untuk periode 1 Desember 2021-30 November 2022. Dalam acara utama G20 Jokowi diminta untuk berbicara mengenai usaha mikro, usaha kecil, UMKM dan peran perempuan. Undangan ini menunjukkan pengakuan dunia terhadap kebijakan, keberpihakan Indonesia kepada UMKM, dan peran perempuan dalam bisnis UMKM Indonesia.

“Ini merupakan kehormatan bagi Indonesia dan sekaligus tanggung jawab besar yang harus kita jalankan dengan baik,” ujar Jokowi.

Selanjutnya, usai mengunjungi Roma, Jokowi akan menuju Glasgow, Skotlandia, guna menghadiri KTT Pimpinan Dunia COP26 pada tanggal 1-2 November 2021.