Jokowi resmi kick off Keketuaan Asean Indonesia 2023

“Asean harus menjadi kawasan yang bermartabat, serta menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan dan demokrasi,” tutur Jokowi.

Presiden Jokowi melakukan kick off keketuaan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Asean Indonesia 2023. di kawasan Bundaran Hotel Indonesia (HI), Jakarta Pusat, Minggu (29/1). (Tangkapan layar Youtube sekretariat presiden)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi melakukan kick off keketuaan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Asean Indonesia 2023. Peresmian ini dilaksanakan oleh Presiden Jokowi didampingi beberapa menterinya di kawasan Bundaran Hotel Indonesia (HI), Jakarta Pusat, Minggu (29/1).

“Dengan mengucap Bismillahirrahmanirrahim, pada pagi hari ini secara resmi saya nyatakan kick off keketuaan Asean Indonesia 2023 dimulai,” ujar Jokowi, Minggu (29/1).

Menurut Jokowi, dari pengalaman Indonesia yang berhasil menggelar Presidensi G20 pada November 2022 lalu, maka ia yakin pada keketuaan Asean Indonesia 2023 ini juga akan berhasil, meskipun dengan kondisi ketidakpastian dunia saat ini.

“Kita telah menjalankan Presidensi G20 dengan baik, dan tahun ini Indonesia menjadi ketua Asean di tengah-tengah situasi global yang sangat tidak mudah. Krisis ekonomi, energi, pangan, dan perang, semuanya sedang terjadi,” tuturnya.

Dia juga yakin, Asean dalam kondisi dunia saat ini masih akan memiliki peran penting dan relevan, baik bagi rakyat di kawasan Asean maupun di Indo Pasifik. Jokowi jjuga meyakinkan bahwa Asean akan mampu menjaga pertumbuhan ekonominya.