Kandidat presiden Ekuador penentang korupsi dan kartel narkoba dibunuh

Berpidato terakhir sebelum dia dibunuh, Villavicencio berjanji kepada orang banyak bahwa dia akan membasmi korupsi.

Kandidat presiden Ekuador Fernando Villavicencio ditembak mati saat kampanye. Foto CNN

Seorang kandidat presiden Ekuador yang dikenal karena berbicara menentang kartel dan korupsi ditembak dan dibunuh pada Rabu (9/8) dalam kampanye politik di ibu kota Quito, di tengah gelombang mengejutkan kekerasan yang digerakkan oleh geng di negara Amerika Selatan itu.

Presiden Guillermo Lasso mengkonfirmasi pembunuhan Fernando Villavicencio dan menyebutkan kejahatan terorganisir berada di balik pembunuhannya, kurang dari dua pekan sebelum pemilihan presiden 20 Agustus.

"Saya meyakinkan Anda bahwa kejahatan ini tidak akan dibiarkan begitu saja," kata Lasso dalam sebuah pernyataan. "Kejahatan terorganisir sudah terlalu jauh, tetapi mereka akan merasakan hukuman sepenuhnya."

Kantor jaksa agung Ekuador mengatakan bahwa satu tersangka tewas dalam tahanan akibat luka yang dideritanya dalam baku tembak setelah pembunuhan tersebut, dan polisi menahan enam tersangka setelah penggerebekan di Quito.

Berpidato terakhir sebelum dia dibunuh, Villavicencio berjanji kepada orang banyak bahwa dia akan membasmi korupsi dan mengurung “maling” negara.