Kapal China berkerumun di wilayah sengketa Laut Cina Selatan

Kapal-kapal China mengabaikan panggilan radio dari kapal patroli yang dikirim untuk mendokumentasikan “kehadiran ilegal” mereka.

Foto terbitan 3 Desember 2023 oleh Penjaga Pantai Filipina menunjukkan kapal-kapal milisi maritim China di dekat Whitsun Reef yang disengketakan. Foto Newsweek

Foto-foto satelit baru pekan ini menunjukkan kapal-kapal milisi maritim China berkumpul di sekitar wilayah sengketa di Laut Cina Selatan. Pemandangan ini terjadi satu minggu setelah Filipina mengatakan sekitar 135 kapal “mengerumuni” wilayah tersebut.

China dan Filipina sama-sama mengklaim terumbu karang yang sebelumnya tidak dihuni, yang disebut Whitsun, meskipun terletak di zona ekonomi eksklusif Filipina yang diakui secara internasional, sehingga memberikan Manila hak kedaulatan untuk mengeksploitasi sumber daya di wilayah tersebut.

Foto-foto yang diambil pada tanggal 10 Desember dan dirilis pada hari Selasa (14/12) oleh penyedia citra satelit SkyFi mengungkapkan apa yang dikatakannya sebagai lebih dari 75 kapal milisi China berlabuh di dekat terumbu karang.

Milisi maritim China merupakan armada kapal yang dibuat khusus dan digunakan bersama Angkatan Laut Tentara Pembebasan Rakyat dan Penjaga Pantai China. Beijing tidak secara resmi mengakui keberadaan pasukan paramiliter tersebut dan mengklaim bahwa pasukan itu terdiri dari para nelayan yang patriotik Tiongkok.

Sifat milisi yang tidak resmi membuat Beijing bisa menyangkal jika kapal-kapal tersebut memasuki wilayah yang diperebutkan. Para pengamat yakin pemerintah China menggunakan kapal-kapal nelayan tersebut untuk menegaskan kendali de facto atas wilayah yang diperebutkan di Laut Cina Selatan, termasuk di kepulauan Kepulauan Spratly di mana Whitsun Reef berada.