Kemenlu: 69 WNI ABK Diamond Princess dipulangkan, 8 positif coronavirus

Observasi terhadap 69 WNI yang dipulangkan akan dilakukan lebih lama dari observasi sebelumnya.

Proses evakuasi 69 WNI ABK Diamond Princess dari Jepang ke tanah air, Minggu (1/3/20) Dokumentasi Kementerian Luar Negeri.

Pemerintah telah memulai proses pemulangan anak buah kapal atau ABK Diamond Princess yang sempat dikarantina di Jepang. Kementerian Luar Negeri menyatakan, dari total 78 total WNI di kapal tersebut, 8 di antaranya positif coronavirus dan tengah menjalani perawatan intensif di Tokyo, Jepang.

"78 total WNI ABK di kapal tersebut. Dievakuasi 69, yang delapan sedang dirawat di rumah sakit Jepang karena positif," kata pelaksana tugas juru bicara Kementerian Luar Negeri Teuku Faizasyah saat dihubungi reporter Alinea.id, Minggu (1/3).

Adapun satu orang lainnya, memutuskan untuk tak ikut tim evakuasi ke tanah air. Ia memilih tetap berada di Kapal Diamond Princess untuk melanjutkan pelayaran.  

Berdasarkan keterangan resmi Kementerian Luar Negeri Indonesia, 69 WNI yang dinyatakan negatif coronavirus sudah dievakuasi keluar kapal dan diantarkan menuju bandara. Para WNI tersebut akan diterbangkan ke tanah air dengan pesawat Garuda Indonesia Airbus-330 yang telah disiapkan pemerintah Indonesia. Mereka dijadwalkan bertolak dari Jepang pada Minggu pukul 12.10 waktu Tokyo.

"Total 69 WNI ABK kapal Diamond Princess secara sukarela mengikuti proses pemulangan ini telah meninggalkan Kapal Diamond Princess menggunakan bis, untuk segera boarding di pesawat charter yang telah menunggu," demikian pernyataan resmi Kementerian Luar Negeri yang diterima Alinea.id.