Khawatir badai semakin memburuk, warga California dievakuasi

Badai mendatangkan hujan dan salju yang mengakibatkan banjir, pohon bertumbangan dan sebagian wilayah California tertutup salju.

Gambar ini diambil Sabtu, 31 Desember 2022 dan dirilis oleh California Highway Patrol Truckee, kendaraan terdampar di sepanjang Interstate 80 di garis Negara Bagian Nevada dan Colfax, California. Pengemudi Truk Patroli Jalan Raya California via AP

Peringatan evakuasi diberlakukan di pedesaan California Utara pada hari tahun baru. Hal itu dilakukan setelah badai dahsyat membawa hujan lebat dan hujan salju lebat ke sebagian besar negara bagian yang kemudian merusak tanggul, menyebabkan kemacetan lalu lintas, dan menutup jalan raya utama.

Sebelumnya, banjir besar juga terjadi di daerah pertanian yang terletak sekitar 20 mil (32 kilometer) selatan Sacramento. Air sungai meluap melampaui tepiannya dan menggenangi puluhan mobil di sepanjang State Route 99. Petugas darurat menyelamatkan pengendara pada malam tahun baru hingga minggu (1/1) pagi waktu setempat dan jalan raya tetap ditutup.

Penduduk dataran rendah di Point Pleasant, Glanville Tract, dan Franklin Pond dekat Interstate 5 (I-5) diminta bersiap untuk pergi, sebelum lebih banyak jalan raya terputus oleh naiknya air dan evakuasi menjadi tidak mungkin.

"Banjir dari Sungai Cosumnes dan Sungai Mokelumne diperkirakan bergerak ke barat daya menuju I-5 dan dapat mencapai daerah-daerah ini di tengah malam," kata Kantor Layanan Darurat Sacramento di Twitter pada Minggu sore. “Ternak di daerah yang terkena dampak harus dipindahkan ke tempat yang lebih tinggi,” kata kantor itu lagi.

Di sebelah utara di ibu kota negara bagian, para petugas membersihkan pohon-pohon yang tumbang dari jalan dan trotoar karena setidaknya 33.000 warga masih tanpa listrik pada Minggu. Menurut peta online Distrik Utilitas Kota Sacramento, angka itu telah jauh lebih baik dari hari sebelumnya yang mencatat dari lebih dari 150.000 warga terputus koneksi aliran listrik,