Kongres AS tak memasukkan dana untuk Ukraina, apa pengaruhnya terhadap perang?

Kini, Pentagon, Gedung Putih, dan sekutu Eropa mendesak Kongres untuk segera mempertimbangkan kembali hal itu.

Presiden Joe Biden bertemu dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy di Ruang Timur Gedung Putih, Kamis, 21 September 2023, di Washington. Foto AP/Evan Vucci/dokumentasi

Ukraina tidak mempunyai alasan untuk merayakannya, ketika anggota parlemen AS menyetujui rancangan undang-undang pengeluaran pada Sabtu (30/9), yang dapat menghindari penutupan pemerintahan yang diperkirakan secara luas. Pasalnya, langkah tersebut tidak termasuk bantuan militer senilai US$6 miliar yang menurut Ukraina sangat dibutuhkan.

Kini, Pentagon, Gedung Putih, dan sekutu Eropa mendesak Kongres untuk segera mempertimbangkan kembali hal itu. Mereka memperingatkan bahwa jika AS berhenti mengirimkan amunisi, suku cadang, dan pertahanan udara, Ukraina akan berisiko kehilangan kekuatan dalam serangan balasannya untuk memukul mundur pasukan Rusia. Mereka berpendapat bahwa jika invasi Rusia tidak dihentikan di Ukraina, negara lain-termasuk sekutu NATO-bisa terancam.

Persoalan ini terjadi saat para pemimpin Pentagon bersiap untuk bertemu minggu depan dengan sekutunya di Brussels di mana Ukraina kemungkinan akan menjadi topik hangat.

Sekilas tentang apa yang telah disediakan hingga saat ini dan apa yang dipertaruhkan jika AS benar-benar menghentikan bantuan militer ke Ukraina.

Bantuan yang telah diberikan