KTT ASEAN ke-43, Indonesia undang IMF dan Bank Dunia

Presiden Jokowi dijadwalkan memimpin 12 pertemuan selama kegiatan, 5-7 September 2023.

Indonesia mengundang IMF dan Bank Dunia pada pelaksanaan KTT ASEAN ke-43 di Jakarta, 5-7 September 2023. Foto BPMI Setpres/Muclis Jr.

Indonesia akan mengundang IMF, World Bank, dan sejumlah organisasi dunia pada KTT ASEAN ke-43 di Jakarta, 5-7 September 2023. Presiden Joko Widodo (Jokowi) juga dijadwalkan pemimpin beberapa acara yang bersifat nonpersidangan.

"Seperti pembukaan KTT-43 ASEAN, pembukaan ASEAN-Indo-Pacific Forum, gala dinner, social events, serta upacara penutupan sekaligus penyerahan keketuaan ASEAN kepada Laos," kata Dirjen Kerja Sama ASEAN Kementerian Luar Negeri (Kemlu), Sidharto R. Suryodipuro, dalam telekonferensi pers "Road to KTT ASEAN ke-43", Jumat (11/8).

Setidaknya ada 12 pertemuan dalam KTT ke-43 ASEAN. Sebanyak 27 pemimpin negara dan organisasi internasional dijadwalkan hadir.

"Ada 12 pertemuan yang akan dipimpin presiden, di antaranya KTT ke-43 ASEAN dalam format plenary, KTT ke-43 ASEAN dalam format retreat, KTT ke-26 ASEAN-China, serta KTT ke-24 ASEAN-Korea Selatan," ucapnya.

Sidharto melanjutkan, KTT ASEAN dalam format plenary dan retreat akan diselenggarakan pada 5 September. Hari berikutnya hingga 7 September, dilaksanakan KTT antara ASEAN dengan negara-negara mitra. "Pada 7 September 2023, akan digelar pula KTT Asia Timur dan KTT ASEAN Plus Three," ujarnya.