Kuatkan hubungan, Kanselir Jerman jumpa 3 pemimpin Asean

Ribuan pekerja terampil asal Filipina bekerja di Jerman, khususnya di sektor keperawatan

Kanselir Jerman Olaf Scholz dan Perdana Menteri Malaysia Anwar Ibrahim bertemu di Berlin. Foto Sean Gallup-Getty Images

Kanselir Jerman Olaf Scholz hendak memperdalam hubungan ekonomi dengan Thailand, Malaysia, dan Filipina. Hal itu seiring dengan upaya mendiversifikasi hubungan perdagangan di Asia dan mengurangi ketergantungan pada China.

Scholz dijadwalkan menerima para pemimpin ketiga negara Asia Tenggara itu untuk melakukan pembicaraan terpisah di Berlin pekan ini.

Dilansir Bloomberg, para pembantu dekatnya menggambarkan dialog tersebut sebagai upaya terkoordinasi guna mengurangi ketergantungan sepihak pada China dan meningkatkan ketahanan ekonomi Jerman melalui rantai pasokan yang lebih beragam dan kemitraan bahan mentah.

Scholz berjumpa dengan Presiden Filipina Ferdinand "Bongbong" Marcos Junior di Berlin pada hari Selasa (12/3), sehari setelah pembicaraan dengan Perdana Menteri Anwar Ibrahim dari Malaysia.

Keduanya membahas peningkatan hubungan militer antara Berlin dan Manila. Setelah pembicaraan, Marcos Jr menyebut pelatihan angkatan bersenjata Filipina, pertahanan terhadap serangan siber, dan perlindungan pantai sebagai bidang-bidang yang memungkinkan kerja sama yang lebih erat.