Laos panik Asam Sulfat bocor ke sungai

“Semua jenis ikan, baik besar maupun kecil, mati,” katanya dilansir Radio Free Asia.

Foto: Ist

Ancaman bencana lingkungan di Laos muncul akibat kebocoran bahan kimia asam sulfat yang mengalir ke sungai Mekong di sisi perbatasan dengan Thailand. Masyarakat lokal di tujuh provinsi tepi sungai juga telah diperingatkan untuk mewaspadai aliran kimia yang diperkirakan akan mencapai Thailand pekan depan itu.

Kontaminasi tersebut terjadi di kota Luang Prabang, Laos, ketika sebuah truk yang membawa lebih dari 30 ton asam sulfat terguling dalam sebuah kecelakaan di jalan raya pada hari Rabu (3/4), menyebabkan asam tersebut bocor ke Sungai Nam Khan yang mengalir ke Sungai Mekong.

Kantor Sumber Daya Air Nasional menyiagakan tujuh provinsi di sepanjang Sungai Mekong. Masing-masing Loei, Nong Khai, Bueng Kan, Nakhon Phanom, Mukdahan, Amnat Charoen, dan Ubon Ratchathani. Mereka memantau kualitas air sungai yang mengalir melewati daerah itu setelah kecelakaan tersebut.

Kantor tersebut memperkirakan bahan kimia di sungai tersebut akan mengalir melewati distrik Chiang Khan di Loei antara tanggal 8-10 April.

Menteri Riset dan Inovasi Sains Pendidikan Tinggi, Supamas Isarabhakdi, mengatakan dirinya menginstruksikan tim tanggap darurat dari Departemen Layanan Sains untuk mendukung upaya pemantauan kualitas air sungai di tujuh provinsi dan menilai kemungkinan dampak terhadap lingkungan.