Mantan Direktur CIA Mike Pompeo dilantik menjadi Menlu AS

Setelah dilantik oleh Hakim Mahkamah Agung Samuel Alito,Mike Pompeo langsung bekerja dan terbang dengan pesawat militer ke Belgia

Mantan Direktur CIA Mike Pompeo dilantik sebagai Menteri Luar Negeri./Reuters

Mantan Direktur CIA Mike Pompeo dilantik sebagai Menteri Luar Negeri (menlu) setelah pertempuran antara Demokrat dan Republik. Demokrat menolak Pompeo dan menudingnya sebagai mantan agen rahasia yang anti-Muslim dan memiliki pandangan homophobia.

Pompeo meraih 54 suara dukungan dan 42 suara menentang di Senat. Republik bersatu mendukung Pompeo, sedangkan enam suara Demokrat bergabung mendukungnya. Pendahulunya, Rex Tillerson dipecat bulan lalu oleh Presiden Amerika Serikat Donald Trump melalui Twitter karena konflik pribadi.

Pompeo akan selalu menempatkan kepentingan rakyat AS terlebih dahulu,” ucap Trump. Dia memuji Pompeo sebagai pria berbakat yang intelektual dalam memimpin Departemen Luar Negeri di masa kritis dalam sejarah.

Juru bicara Departemen Luar Negeri AS Heather Nauert mengungkapkan Pompeo akan bekerja keras dan bertanggungjawab. “Pompeo mengatakan kepada saya bahwa dia senang menjadi Menlu dan siap bekerja,” tuturnya.

Setelah dilantik oleh Hakim Mahkamah Agung Samuel Alito, Pompeo langsung terbang dengan pesawat militer ke Belgia. “Tidak ada Menlu di sejarah modern langsung terbang dan bekerja setelah dinyatakan dilantik,” kata Nauert dilansir BBC.