Mari Elka Pangestu jadi Direktur Pelaksana Bank Dunia

Mari Elka Pangestu dinilai memiliki keahlian dalam pengambilan kebijakan dan manajemen yang luar biasa.

Mari Elka Pangestu (63) ditunjuk sebagai Direktur Pelaksana, Kebijakan Pembangunan dan Kemitraan untuk Bank Dunia. Instagram/@maripangestu

Presiden Bank Dunia David Malpass mengumumkan penunjukan Mari Elka Pangestu sebagai Direktur Pelaksana, Kebijakan Pembangunan dan Kemitraan untuk Bank Dunia.

"Kami sangat senang menyambut Mari Elka ke Bank Dunia dalam peran baru yang kritis ini bagi institusi," kata Malpass dalam pernyataannya.

Mari Elka bergabung dengan Bank Dunia karena memiliki keahlian dalam pengambilan kebijakan dan manajemen yang luar biasa. Dia pernah menjabat sebagai Menteri Perdagangan RI periode 2004-2011 dan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI periode 2011-2014.

Malpass menambahkan Mari Elka mempunyai pengalaman sebagai menteri senior, reputasi yang diakui secara global sebagai ekonom dan peneliti serta pengalaman kepemimpinan yang luas.

"Keterlibatan dalam berbagai forum internasional utama tentang masalah pembangunan yang penting akan bermanfaat bagi pekerjaan di Bank Dunia dalam mendukung pertumbuhan menyeluruh dan pengentasan kemiskinan," ujar Malpass.