Najib Razak minta UMNO hilangkan politik uang

Mantan Perdana Menteri (PM) Malaysia Najib Razak mengevaluasi kekalahan pemilu parlemen pada beberapa waktu lalu.

Mantan Perdana Menteri Malaysia Najib Razak menyerukan pemimpin dan anggota Organisasi Nasional Melayu Bersatu (UMNO) untuk mengubah kebiasaan politik uang pada pemilu / Al Jazeera

Mantan Perdana Menteri (PM) Najib Razak menyerukan pemimpin dan anggota Organisasi Nasional Melayu Bersatu (UMNO) untuk mengubah kebiasaan politik uang pada pemilu.

Seruan Najib itu sebagai bentuk evaluasi terhadap kekalahan pemilu parlemen pada beberapa waktu lalu, menjadi tragedi politik berat bagi UMNO yang telah berkuasa selama lima dekade di Malaysia.

“Tidak cukup hanya perubahan pemimpin partai. Tapi, anggota juga harus mengubah kebiasaan mereka, nilai, pendekatan, sikap dan segalanya sehingga rakyat bisa menerima mereka lagi,” kata Najib dilansir Channel News Asia pada Sabtu (30/6).

“Mungkin Tuhan ingin mengajarkan kita pelajaran atas kelemahan kita. Kita harus memperbaiki cara-cara kita,” kata mantan presiden UMNO itu. Dia mengakui membuat kesalahan karena tidak melakukan apa yang seharusnya dilakukan seorang pemimpin.

Hal itu diungkapkan Najib dalam pembukaan acara UMNO di Sultan Haji Ahmad Shah Convention Hall. Dia menambahkan, para pemimpin UMNO dan anggota lainnya seharusnya siap berkorban dan tidak melihat partai sebagai sumber kehidupan.