Narkoterorisme beraksi lagi di Ekuador tewaskan 9 orang

Ekuador melampaui tingkat 40 kematian akibat kekerasan per 100.000 penduduk pada akhir tahun 2023.

Ilustrasi. Foto: ist

Orang-orang bersenjata menyerang sekelompok orang di kota pesisir Guayaquil, Ekuador menewaskan sembilan orang dan melukai 10 lainnya, kata polisi pada Minggu. Aksi ini merupakan serangan terbaru dari serangkaian insiden kekerasan di negara Amerika Selatan tersebut.

Serangan itu terjadi sekitar jam 7 malam waktu setempat Sabtu di lingkungan selatan Guasmo. Menurut polisi, kelompok bersenjata itu memasuki jalan pejalan kaki dengan mobil Chevrolet Spark abu-abu, tempat sekelompok orang sedang berolahraga. Orang-orang bersenjata itu keluar dari kendaraan dan mulai menembak orang.

“Sejauh ini, hasilnya sembilan orang tewas dan 10 orang luka-luka,” kata Kolonel Polisi Ramiro Arequipa kepada wartawan sekitar tengah hari pada hari Minggu.

Belum ada kelompok yang mengaku bertanggung jawab atas serangan tersebut.

Ini merupakan pembunuhan massal kedua dalam beberapa hari terakhir. Pada hari Jumat, lima orang yang diculik dibunuh dengan gaya eksekusi di provinsi pesisir Manabi oleh geng bersenjata. Polisi mengatakan ada tanda-tanda bahwa para korban adalah wisatawan yang secara tidak sengaja terjebak dalam sengketa perdagangan narkoba setempat. Mereka tidak menjelaskan lebih lanjut.