NATO siapkan rencana militer untuk pertahankan diri dari Rusia

NATO berencana memiliki hingga 300.000 tentara yang siap bergerak ke sisi timur dalam waktu 30 hari.

Prajurit Divisi Airbone 101 Amerika Serikat berlari selama latihan di Pangkalan Udara Mihail Kogalniceanu, dekat pelabuhan Laut Hitam Constanta, Rumania, Jumat, 31 Maret 2023. Foto Ap/Vadim Ghirda/dokumentasi

Angkatan bersenjata Rusia terluka tetapi diyakini tidak kalah dalam perang di Ukraina, kata seorang perwira tinggi militer NATO, Senin (3/7). 

"Tinggin kekuatannya mungkin sekarang tidak 11 kaki, tetapi jelas tidak setinggi dua kaki," kata Ketua Komite Militer NATO, Laksamana Rob Bauer, kepada wartawan. “Jadi, kita tidak boleh meremehkan Rusia dan kemampuan mereka untuk bangkit kembali.”

Presiden AS Joe Biden dan rekan-rekan NATO-nya akan mendukung perombakan besar-besaran sistem perencanaan aliansi pada pertemuan puncak di ibu kota Lithuania, Vilnius, minggu depan.

NATO, sebagai sebuah organisasi, tidak menyediakan senjata atau amunisi ke Ukraina. Itu berusaha untuk menghindari terseret ke dalam perang yang lebih luas dengan Rusia yang bersenjata nuklir. Pada saat yang sama, secara besar-besaran memperkuat keamanan negara-negara anggota di dekat Rusia, Ukraina, dan Belarusia.

Sekitar 40.000 tentara bersiaga dari Estonia di utara hingga Rumania di Laut Hitam. Sekitar 100 pesawat mengudara di wilayah itu setiap hari, dan total 27 kapal perang beroperasi di Laut Baltik dan Mediterania. Angka-angka itu akan meningkat.