Pemecatan Ketua DPR AS mengguncang Washington

Untuk pertama kalinya, seorang Ketua DPR dikeluarkan dari jabatannya, sehingga membuat Kongres mengalami kekacauan tingkat baru.

Kevin McCathy, meninggalkan DPR setelah digulingkan sebagai Ketua DPR di Capitol di Washingtong, Selasa, 3 Oktober 2023. Foto AP/Stephanie Scarbrough

Para anggota parlemen yang duduk, terdiam terkejut mendengar pernyataan: Jabatan ketua parlemen “dengan ini dinyatakan kosong. ”

Untuk pertama kalinya, seorang Ketua DPR dikeluarkan dari jabatannya, sehingga membuat Kongres mengalami kekacauan tingkat baru. "Sekarang apa?" seseorang di ruangan itu berteriak.

Anggota Parlemen Kevin McCarthy, anggota Partai Republik dari California, yang selamat dari pergolakan selama beberapa dekade di Kongres, menunjukkan rasa tenang saat keluar dari kantornya beberapa jam sebelum pemungutan suara, dan masih menjadi Ketua DPR. Namun, ketika dia keluar lagi dari ruang DPR, tanpa lagi membawa palu, dia berjalan dalam diam.

Dia meninggalkan gedung parlemen yang bergolak. Para anggota parlemen meninggalkan ruang sidang setelah pemungutan suara, beberapa di antara mereka tidak bisa berkata-kata atas apa yang mereka saksikan. Sebuah lembaga penting dalam demokrasi Amerika tidak lagi memiliki pemimpin terpilih, sebuah momen ujian terbaru bagi institusi yang sedang berjuang menghadapi dampak dari pengepungan Capitol pada 6 Januari 2021, Partai Republik yang berperang dengan dirinya sendiri, dan peran Amerika Serikat yang diperebutkan dalam hal kepemimpinan global.

Kemana perginya DPR dari sini, tidak ada yang tahu.