Pendukung penting Donald Trump terpilih jadi Ketua DPR AS

Johnson, 51, dari Louisiana, memenangkan pemungutan suara pertama dengan dukungan dari seluruh anggota Partai Republik.

Anggota Parlemen Mike Johnson, R-La., berbicara setelah dia terpilih sebagai calon terbaru Partai Republik untuk ketua DPR pada pertemuan kaukus Partai Republik di Capitol di Washington, Selasa, 24 Oktober 2023. AP Photo/Jose Luis Magana

Partai Republik dengan suara bulat memilih Mike Johnson sebagai Ketua DPR AS pada Rabu (25/10) waktu setempat. Partai Republik dengan penuh semangat mengangkat pemimpin yang sangat konservatif namun kurang dikenal ke kursi utama kekuasaan AS. Sekaligus mengakhiri kekacauan politik yang sudah berlangsung selama berminggu-minggu di mayoritas mereka.

Johnson, 51, dari Louisiana, memenangkan pemungutan suara pertama dengan dukungan dari seluruh anggota Partai Republik yang ingin melupakan kekacauan yang terjadi selama berminggu-minggu terakhir dan melanjutkan urusan pemerintahan. Dia dengan cepat dilantik, sekaligus menempati posisi kedua kekusasaan setelah presiden.

“Rumah Rakyat kembali berbisnis,” kata Johnson setelah mengambil palu.

Sebagai anggota tim kepemimpinan Partai Republik yang berperingkat lebih rendah, Johnson muncul sebagai calon keempat dari Partai Republik dalam siklus pertikaian politik yang hampir tidak masuk akal sejak penggulingan Kevin McCarthy, ketika faksi-faksi Partai Republik berebut kekuasaan. Meskipun bukan pilihan utama partainya, Johnson yang sangat religius dan tenang memiliki sedikit musuh dan merupakan pendukung penting Partai Republik: Donald Trump.

“Saya pikir dia akan menjadi ketua yang luar biasa,” kata Trump pada  Rabu di gedung pengadilan New York, di mana mantan presiden tersebut, sekarang menjadi calon presiden dari Partai Republik pada 2024, dan sedang diadili atas tuntutan hukum yang menuduh adanya penipuan bisnis.