Penembakan di sekolah Texas tewaskan 18 anak dan 3 dewasa

Itu adalah penembakan paling mematikan di sebuah sekolah dasar AS sejak seorang pria bersenjata membunuh 20 anak-anak dan enam dewasa

Aparat penegak hukum berjalan di luar Uvalde High School setelah penembakan dilaporkan pada hari sebelumnya di Robb Elementary School, Selasa, 24 Mei 2022, di Uvalde, Texas. William Luther/The San Antonio Express-News via AP

Seorang pria bersenjata berusia 18 tahun melepaskan tembakan pada Selasa (24/5) waktu setempat, di sebuah sekolah dasar di Texas, menewaskan sedikitnya 18 anak, kata para pejabat, dan pria bersenjata itu tewas.

Korban tewas juga termasuk tiga orang dewasa, demikian menurut Senator negara bagian Roland Gutierrez, yang mengatakan telah diberitahu oleh polisi negara bagian tentang kematian tersebut. Tetapi tidak ada kejelasan apakah jumlah itu termasuk penyerang.

Itu adalah penembakan paling mematikan di sebuah sekolah dasar AS sejak seorang pria bersenjata membunuh 20 anak-anak dan enam orang dewasa di Sandy Hook Elementary di Newtown, Connecticut, hampir satu dekade lalu. Dan itu terjadi hanya 10 hari setelah seorang pria bersenjata dengan pelindung tubuh membunuh 10 pembeli dan pekerja kulit hitam di sebuah supermarket di Buffalo, New York, dalam apa yang dikatakan pihak berwenang sebagai serangan rasis.

Pejabat penegak hukum federal mengatakan, jumlah korban tewas diperkirakan akan meningkat. Mereka berbicara dengan syarat anonim karena mereka tidak berwenang untuk merilis rincian investigasi.

Pria bersenjata itu memasuki Sekolah Dasar Robb di Uvalde dengan pistol dan mungkin senapan, kata Gubernur Greg Abbott. Para pejabat tidak segera mengungkapkan motifnya, tetapi gubernur mengidentifikasi penyerang sebagai Salvador Ramos dan mengatakan pelaku adalah penduduk komunitas Latino sekitar 85 mil (135 kilometer) barat San Antonio.