Penerbangan rute AS-Venezuela disetop

Kondisi keamanan menjadi alasan di balik kebijakan Amerika Serikat untuk menghentikan penerbangan ke Venezuela.

Ilustrasi / Pixabay

Kementerian Transportasi Amerika Serikat pada Rabu (14/5) memerintahkan penangguhan seluruh penerbangan penumpang dan kargo komersial antara AS dan Venezuela. Mereka mengutip laporan kerusuhan dan kekerasan di sekitar bandara Venezuela.

Banyak maskapai penerbangan internasional telah berhenti terbang ke Venezuela karena masalah keamanan dan perselisihan terkait utang pemerintah kepada mereka. Tetapi maskapai domestik, termasuk Laser Airlines dan Avior Airlines, tetap menawarkan layanan ke Miami.

Beberapa warga Venezuela menyatakan keprihatinan tentang dampak larangan tersebut terhadap orang-orang yang menerima makanan dan persediaan lainnya melalui pesawat kargo dari kerabat di luar negeri untuk membantu mereka menghadapi krisis kemanusiaan.

Dalam sebuah surat kepada Kementerian Transportasi yang meminta penghentian penerbangan ke Venezuela, Kementerian Keamanan Dalam Negeri AS menuturkan bahwa kondisi di negara itu mengancam keselamatan dan keamanan penumpang, pesawat, dan kru yang bepergian ke atau dari negara itu.

Kementerian Informasi Venezuela tidak segera menanggapi permintaan untuk berkomentar.