Perang dagang AS-China mendekati akhir?

Negosiasi teranyar perang dagang berlangsung di Washington pada Rabu (3/4) dan Kamis (4/4). Kedua pihak menunjukkan sentimen positif.

Ilustrasi / Pixabay

Amerika Serikat dan China dilaporkan bergerak lebih dekat ke kesepakatan perdagangan selama pembicaraan yang berlangsung pekan ini. Namun, negosiator masih perlu menuntaskan sejumlah poin penting.

Delegasi Tiongkok yang dipimpin oleh Wakil Perdana Menteri Liu He bertemu dengan pada pejabat AS pada Rabu (3/4) dan Kamis (4/4) untuk mencapai kesepakatan dan mengakhiri konflik perdagangan yang menghancurkan. 

Donald Trump yang bertemu dengan Wakil PM Liu He di Gedung Putih pada Kamis sore menegaskan bahwa pertemuan puncaknya dengan Presiden Xi Jinping tidak akan diumumkan sebelum kesepakatan perdagangan dilakukan.

"Jika kita punya kesepakatan, kita akan menggelar pertemuan puncak. Saya rasa kita akan mengetahuinya selama empat minggu ke depan," kata Trump sembari menambahkan bahwa pemfinalan perjanjian tertulis akan membutuhkan tambahan dua minggu. "Saya berharap dapat bertemu dengan Xi."

Trump tidak merinci apakah kelak pertemuan puncaknya dengan Presiden Xi Jinping akan berlangsung di Washington atau di resor mewahnya di Mar-a-Lago di Florida, di mana keduanya bertatap muka untuk pertama kali dua tahun lalu.