Perebutan Lembah Panjshir, top militer AS peringatkan perang saudara Afghanistan

Kedua belah pihak mengklaim memiliki keunggulan di Panjshir tetapi tidak ada yang bisa menghasilkan bukti konklusif untuk membuktikannya.

ilustrasi. foto SS Youtube

Taliban dan pasukan oposisi bertempur pada hari Sabtu untuk menguasai Lembah Panjshir di utara Kabul, provinsi Afghanistan terakhir yang belum ditaklukkan. Elite militer AS memperingatkan "perang saudara" jika kelompok Islam gagal mengkonsolidasikan kekuasaan.

Kedua belah pihak mengklaim memiliki keunggulan di Panjshir tetapi tidak ada yang bisa menghasilkan bukti konklusif untuk membuktikannya. Taliban, yang menyapu negara itu menjelang penarikan terakhir pasukan pimpinan AS minggu ini, tidak dapat mengendalikan lembah itu ketika mereka memerintah Afghanistan dari tahun 1996 hingga 2001.

Juru bicara Taliban Bilal Karimi mengatakan distrik Khinj dan Unabah telah diambil, memberi pasukan Taliban kendali atas empat dari tujuh distrik di provinsi itu.

“Mujahidin (pejuang Taliban) maju ke pusat (provinsi),” katanya di Twitter.

Namun Front Perlawanan Nasional Afghanistan, kelompok pasukan yang setia kepada pemimpin lokal Ahmad Massoud, mengatakan mereka mengepung "ribuan teroris" di celah Khawak dan Taliban telah meninggalkan kendaraan dan peralatan di daerah Dashte Rewak.