Persidangan di bunker habisi kebebasan 207 mafia Italia

Karena jumlah tersangka yang mencapai 330 lebih, hakim sampai membutuhkan lebih dari satu jam 40 menit.

Persidangan di bunker sikat 207 mafia Italia. Foto: AAP

Senin 20 November 2023, menjadi salah satu hari paling dramatis bagi dunia hukum dan mafia di Italia. Di sebuah ruang sidang bunker, hakim di pengadilan menghukum 207 orang dengan total 2.100 tahun. Ini adalah akhir dari persidangan panjang selama tiga tahun. Mereka yang dihukum dituduh terlibat dalam sebuah geng mafia 'Ndrangheta, salah satu kelompok penyelundup narkoba paling kuat, luas dan kaya di dunia. 

Karena jumlah tersangka yang mencapai 330 lebih, hakim sampai membutuhkan lebih dari satu jam 40 menit untuk membacakan putusannya pada hari Senin itu. Ini termasuk pembebasan 131 terdakwa lainnya.

Dalam putusan ini, Saverio Razionale dan Domenico Bonavota, yang merupakan pemimpin dua mafia lokal Calabria, dijatuhi hukuman 30 tahun penjara.

Sidang ini juga menyeret tidak hanya para anggota geng kriminal, namun pejabat dan politikus yang dianggap menjadi mitra kelompok mafia itu. 

Di antara yang dihukum terdapat Giancarlo Pittelli, seorang pengacara dan mantan politikus partai Forza Italia - anggota koalisi penguasa nasional. Pittelli dihukum 11 tahun penjara karena berkolusi dengan mafia dengan memberikan mereka informasi. Sidang juga memutuskan mantan polisi Giorgio Naselli diganjar dua tahun enam bulan.