Polisi Hong Kong tangkap 23 orang pada peringatan tragedi Tiananmen

Tindakan polisi seperti itu adalah bagian dari kampanye yang lebih luas oleh China untuk menghancurkan perbedaan pendapat.

Polisi Hong Kong. Foto: HKFP

Polisi Hong Kong mengatakan mereka menahan 23 orang pada hari Minggu karena "melanggar ketertiban publik" dan menangkap seorang wanita berusia 53 tahun karena "menghalangi petugas polisi". Penangkapan ini terkait peningkatan keamanan untuk peringatan 34 tahun penumpasan Lapangan Tiananmen 1989.

Di dekat Taman Victoria, tempat peringatan tahunan sebelumnya, ratusan polisi melakukan operasi penghenti dan penggeledahan, dan mengerahkan kendaraan lapis baja dan mobil polisi.

Saksi Reuters melihat lebih dari selusin orang dibawa pergi, termasuk aktivis Alexandra Wong, 67, yang membawa karangan bunga, seorang pria yang memegang yang menyebarkan brosur tentang peristiwa Tiananmen, dan seorang lelaki tua berdiri sendirian di sudut jalan dengan lilin.

"Rezim ingin Anda melupakannya, tetapi Anda tidak bisa melupakannya... (China) ingin menghapus semua sejarah," kata Chris To, 51, yang mengunjungi taman itu dengan kaus hitam dan digeledah oleh polisi.

Polisi pada hari Senin mengatakan petugas membawa pergi 11 pria dan 12 wanita berusia antara 20 dan 74 tahun yang diduga "melanggar ketenangan publik di tempat kejadian".