Raja dan Ratu Belanda kunjungi Indonesia 10-13 Maret

Tidak hanya Jakarta, Raja Willem-Alexander dan Ratu Maxima juga akan mengunjungi Yogyakarta, Kalimantan Tengah, dan Sumatera Utara.

Raja Willem-Alexander dan Ratu Maxima dari Belanda. / royal-house.nl

Raja Willem-Alexander dan Ratu Maxima dari Belanda akan menggelar kunjungan kenegaraan ke Indonesia pada 10-13 Maret 2020. Tidak hanya Jakarta, pasangan itu juga akan menyambangi Yogyakarta, Kalimantan Tengah, dan Sumatera Utara.

Kunjungan kenegaraan raja dan ratu Belanda atas undangan Presiden Joko Widodo ini difokuskan pada penguatan kemitraan dan kerja sama bidang ekonomi, konservasi alam, budaya, sains, dan sejumlah sektor lain.

"Kerja sama bidang ekonomi kedua negara akan ditekankan pada sektor pertanian, layanan kesehatan, industri bahari dan perlindungan pantai, serta ekonomi sirkular," demikian penjelasan Kedubes Belanda di Jakarta, Senin (10/2).

Dalam kunjungan kenegaraan empat hari yang akan diawali dengan penghormatan kepada para pahlawan Perang Kemerdekaan RI (1945-1949) di TMP Kalibata dan sambutan resmi di Istana Bogor itu, Raja Willem-Alexander dan Ratu Maxima akan didampingi Menteri Luar Negeri Belanda Stef Blok.

Empat menteri Belanda lain juga turut dalam kunjungan ini bersama satu misi dagang guna menjajaki potensi kerja sama ekonomi kedua negara, khususnya di sektor pertanian, layanan kesehatan, industri bahari dan perlindungan pantai, serta ekonomi sirkular.