Sebelum menembak, pilot AS 'selfie' dengan balon mata-mata China

Bagi personel tempur udara yang ditugaskan membereskan balon mata-mata itu, pekerjaan tersebut tentu adalah momen langka.

Sebelum menembak, pilot AS 'selfie' dengan balon mata-mata China. nordot

Militer Udara Amerika Serikat tidak membiarkan balon, yang disebut alat mata-mata China, bebas berkeliaran di langit Negeri Paman Sam. Masalah balon yang bikin heboh itu diselesaikan dengan cara menembaknya jatuh. 

Bagi personel tempur udara yang ditugaskan membereskan balon mata-mata itu, pekerjaan tersebut tentu adalah momen langka. Misi penting, namun tidak berisiko, seperti dalam pertempuran. Mereka pun bisa sedikit 'bersenang-senang' sebelum memencet tombol untuk melesatkan peluru ke arah balon putih yang ukurannya sekitar tiga bus itu.

Pilot pesawat pun tidak menyia-nyiakan momen untuk sekadar mengabadikan gambar dirinya sebelum menghabisi operasi balon yang tidak diinginkan tersebut. Sedikit 'selfie' dengan latar belakang objek yang sedang viral itu pun dilakukan pilot pesawat intelijen U-2 itu.

Di belakang pilot terlihat balon mata-mata China yang ditembak jatuh oleh militer AS di lepas pantai Carolina Selatan awal bulan ini.

Gambar tersebut, yang pertama kali dilaporkan oleh CNN, dengan jelas menunjukkan "muatan" balon, yang terkait dengan pengangkutan data.