Shutdown berakhir sementara, ancaman lain Trump menanti

Penutupan pemerintahan parsial Amerika Serikat berlangsung sejak 22 Desember 2018 sebelum akhirnya diakhiri sementara pada Jumat (25/1).

Presiden ke-45 Amerika Serikat Donald Trump. Instagram/@realdonaldtrump

Donald Trump telah mengesahkan RUU untuk mengakhiri sementara penutupan pemerintahan atau government shutdown terlama sepanjang sejarah Amerika Serikat. RUU tersebut tidak memuat pendanaan dinding perbatasan dengan Meksiko.

Shutdown parsial, yang dipicu oleh kebuntuan antara Trump dan Kongres atas pendanaan dinding perbatasan senilai US$5,7 miliar, menyebabkan ratusan ribu karyawan federal tidak dibayar selama lebih dari satu bulan.

Trump meneken UU tersebut pada Jumat (25/1), kurang dari 24 jam setelah dia mengatakan, solusi apapun dari Kongres harus menyertakan pendanaan dinding perbatasan yang menjadi janji kampanyenya dalam Pilpres 2016. 

"Kami telah mencapai kesepakatan baru untuk mengakhri shutdown dan membuka kembali pemerintah federal," tutur Trump, meskipun tidak ada tawaran baru dari kubu Demokrat yang bisa disebut sebagai kesepakatan.

Namun, presiden ke-45 AS itu mengingatkan rakyat bahwa dia memiliki alternatif kuat, yakni mengumumkan keadaan darurat nasional jika kesepakatan pendanaan dinding perbatasan tidak tercapai sebelum tenggat waktu berikutnya untuk mendanai pemerintahan.