Survei: Orang Amerika menjadi lebih 'spiritual'

Survei tersebut dilakukan antara tanggal 31 Juli dan 6 Agustus. Survei tersebut tidak membedakan ras atau gender.

Ilustrasi. Foto: Pixabay

Masyarakat Amerika Serikat dikenal sebagai salah satu representasi peradaban Barat saat ini. Nilai religius dan spiritual tidak dominan dalam kehidupan masyarakatnya. Bahkan, dari waktu ke waktu semakin tergerus oleh materialisme. Bagaimana faktanya?

Sebuah survei Pew Research Poll menunjukan bahwa dewasa ini orang Amerika lebih cenderung menjadi “spiritual”. Angkanya lebih tinggi dari yang beranggapan mereka lebih 'religius' dari waktu ke waktu.

Sebuah survei yang dirilis pada hari Rabu menemukan empat dari sepuluh orang Amerika mengatakan bahwa mereka menjadi lebih spiritual dalam hidup mereka. Sebaliknya, hanya sekitar satu dari empat orang Amerika yang mengatakan bahwa mereka menjadi lebih religius.

“Sekitar 41% orang dewasa di AS mengatakan bahwa mereka telah menjadi lebih spiritual sepanjang hidup mereka, dibandingkan dengan 24% yang mengatakan bahwa mereka menjadi lebih religius. Sebaliknya, 13% orang dewasa di AS mengatakan bahwa mereka menjadi kurang spiritual seiring berjalannya waktu, sementara 33% mengatakan mereka menjadi kurang religius,” lapor survei tersebut. 

“Selebihnya mengatakan spiritualitas dan tingkat religiusitas mereka tetap sama atau berfluktuasi – terkadang meningkat dan terkadang menurun.”