Pemalsuan susu anak marak, China pasang standar keamanan

Susu formula anak di China rawan dipalsukan sehingga mendorong pemerintah memperketat standar keamanan produk

Sumber foto: Quartz

China memperketat standar keamanan industri susu formula untuk bayi. Bloomberg melaporkan peraturan standar keamanan tersebut mulai efektif pada 1 Januari lalu, dimana setiap pabrik yang memproduksi susu formula wajib mendaftarkan produknya ke Badan Pengawas Obat dan Makanan China. 

Peraturan tersebut juga menetapkan pabrik susu formula hanya dapat memproduksi tiga merek susu yang berbeda. Aturan lain juga mewajibkan produk harus disertifikasi oleh pemerintah. Bagi susu yang tidak disertifikasi, maka dilarang dijual. 

Pemerintah juga memperkuat kontrol kualitas dengan mewajibkan pabrik mengirim sampel ke pihak berwenang seperti Chinese Academy of Inspection and Quarantine. Pabrik kemudian harus menyerahkan laporan inspeksi tersebut ke Food dan Drug Administration. Pemeriksaan langsung ke tempat juga dilakukan secara rutin. 

Aturan baru tersebut dikhawatirkan memberatkan industri susu formula merek lokal. Selama ini, susu merek lokal menggunakan bubuk generik yang kemudian menempelkan labelnya. 

Di lain pihak, pabrik susu formula multinasional dinilai akan menuai untung. Sebab dengan aturan tersebut, pabrik susu formula asing tercatat memiliki permintaan yang besar karena tingginya kepercayaan konsumen.