Taliban sudah 80 Km dari Ibu Kota Afghanistan, Kabul segera direbut?

Taliban menguasai seluruh provinsi, termasuk ibu kotanya, dan mencapai sebuah distrik di provinsi tetangga Kabul pada Sabtu.

Taliban sekarang kurang dari 80 km (50 mil) selatan ibukota negara. foto Telegraph India

Taliban merebut sebuah provinsi di selatan ibukota Afghanistan dan melancarkan serangan multi-cabang Sabtu pagi di Mazar-e-Sharif, sebuah kota besar di utara yang dipertahankan oleh mantan panglima perang yang kuat, kata para pejabat Afghanistan.

Homa Ahmadi, seorang anggota parlemen dari Logar, mengatakan Taliban menguasai seluruh provinsi, termasuk ibu kotanya, dan mencapai sebuah distrik di provinsi tetangga Kabul pada Sabtu ini. Itu menempatkan pemberontak kurang dari 80 km (50 mil) selatan ibukota negara.

Taliban juga telah merebut sebagian besar Afghanistan utara, barat dan selatan kurang dari tiga minggu sebelum Amerika Serikat akan menarik pasukan terakhirnya.

Munir Ahmad Farhad, juru bicara gubernur provinsi di provinsi Balkh utara, sementara itu mengatakan Taliban menyerang kota Mazar-e-Sharif dari beberapa arah, memicu pertempuran sengit di pinggirannya. Tidak ada informasi  tentang korban.

Presiden Afghanistan Ashraf Ghani telah terbang ke Mazar-e-Sharif pada hari Rabu untuk menggalang pertahanan kota, bertemu dengan beberapa komandan milisi yang bersekutu dengan pemerintah.