Tangkal terorisme, Arab Saudi Mesir makin mesra

Kerjasama tersebut untuk mengantisipasi upaya pemecahan di kalangan negara regional dan bersatu sebagai satu blok guna menghadapi ancaman.

Poster Presiden Mesir Abdel Fattah as-Sisi untuk pemilihan presiden yang akan datang di Kairo, Mesir/ Antara Foto

Mesir dan Arab Saudi sepakat untuk melanjutkan kerja sama terkait keamanan. Kedua negara sepakat untuk bersatu memerangi terorisme yang dapat mengancam kedua negara. 

Dalam kunjungannya ke Mesir, Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman bertemu dengan Presiden Mesir Abdel Fattah As-Sisi. Pertemuan tersebut mendiskusikan upaya bersama guna menghadapi campur tangan regional.

Hasil pertemuan tersebut diumumkan oleh Juru Bicara Presiden Mesir Bassam Rady bahwa kedua negara akan melanjutkan kerja sama untuk menghadapi campur-tangan regional. Plus, secara bersama dalam mengantisipasi upaya pemecahan di kalangan negara regional dan bersatu sebagai satu blok guna menghadapi ancaman dan tantangan yang dihadapi wilayah tersebut, khususnya dalam bidang terorisme dan negara yang mendukungnya. 

"Presiden As-Sisi menekankan keamanan Teluk adalah bagian integral dari keamanan nasional Mesir," tukas Rady, seperti dikutip Antara.

As-Sisi kembali menyampaikan keinginan Mesir untuk meningkatkan kerja sama bilateral dengan Arab Saudi dalam berbagai bidang mengingat hubungan strategis antara kedua negara, kata juru bicara Presiden Mesir tersebut. Pada Ahad malam, Presiden Mesir dan Putra Mahkota Arab Saudi sepakat terkait kerja sama ekonomi dan lingkungan hidup. Termasuk pembentukan dana penanaman modal Mesir Arab Saudi.