Thailand catat kematian pertama akibat coronavirus

Thailand mencatat 42 kasus coronavirus sejak Januari.

Seorang wanita menggunakan masker perlindungan di Bangkok, Thailand, Rabu (5/2/2020). Foto Antara/REUTERS/Athit Perawongmetha.

Pria Thailand berusia 35 tahun yang juga mengalami deman berdarah meninggal akibat coronavirus. Dirjen Departemen Pengendalian Penyaki Suwanchai Wattanayingcharoen menyatakan kasus ini menjadi kematian pertama di Thailand.

Thailand mencatat 42 kasus coronavirus sejak Januari, dengan 30 di antaranya dinyatakan sembuh dan 11 pasien lagi masih menjalani perawatan di rumah sakit, seperti dilaporkan departemen tersebut.

Pejabat kesehatan Thailand mengatakan korban bekerja di sektor ritel, di mana banyak melakukan kontak dengan warga asing selama awal kemunculan wabah tersebut.

"Ini merupakan kasus penularan lokal, dan ia berisiko lantaran terpapar dengan turis China," kata Suwanchai saat konferensi pers, Minggu (1/3).

Pasien awalnya dibawa ke rumah sakit swasta karena mengalami demam berdarah sejak 27 Januari. Ia lantas didiagnosa dengan coronavirus dan dilarikan ke pusat pengobatan utama milik pemerintah pada 5 Februari.