Tidak mudah mendeportasi Zakir Naik dari Malaysia

India sejak setahun lalu telah meminta Malaysia untuk mengekstradisi Zakir.

Tidak mudah mendeportasi Zakir Naik dari Malaysia./Facebook.

Pemerintah India terus mengupayakan agar penceramah muslim internasional Zakir Abdul Naik bisa pulang ke India untuk diadili. Pemerintah India terus melobi Pemerintah Malaysia untuk dapat mendeportasi pengkhotbah Muslim yang kontroversial tersebut.

Menteri Komunikasi dan Multimedia India Gobind Singh Deo menyebut setiap tindakan Zakir yang melanggar aturan mulai dari: tuduhan pencucian uang, terorisme, pernyataan kebencian dan rasial harus diadili sesuai dengan aturan hukum negara. Kasus yang menimpa Zakir harus diselesaikan. 

India sejak setahun lalu telah meminta Malaysia untuk mengekstradisi Zakir, setelah menundingnya menghasut anak-anak muda melakukan kegiatan teror dalam pidatonya.  

"Dalam pertemuan kabinet kemarin, memulangkan dan mengadili Zakir kembali dimunculkan. Kami meminta agar Zakir dikembalikan ke India, ia harus patuh atas aturan" kata Deo. 

Sebelumnya, Perdana Menteri (PM) Mahathir Mohamad menyatakan kalau Zakir tidak akan diserahkan kepada pihak berwenang India. Hal ini menanggapi permintaan ekstradisi India pada Zakir, PM Mahathir mengatakan kalau Zakir telah diberikan status penduduk permanen Malaysia.