Tim evakuasi dari Indonesia temukan dua jenazah korban gempa Turki

Jenazah seorang lak-laki dan seorang perempuan ditemukan oleh tim evakuasi Indonesia untuk Turki.

Tim INASAR berhasil mengevakuasi 5 korban gempa Turki. Dokumentasi Basarnas

Polri menyatakan Satgas Misi Kemanusiaan untuk Turki berhasil menemukan dan mengevakuasi dua jenazah korban gempa bumi di Jalan Elektrik Mahallesi Armutlu, Turki, Kamis (16/2). Penemuan korban dilakukan dengan pengerahan empat personel beserta K9.

“Berdasarkan laporan tim di lapangan, berhasil dievakuasi 1 orang laki-laki dan 1 perempuan yang menjadi korban tertimbun reruntuhan bangunan dalam keadaan meninggal dunia,” ujar Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri, Brigjen Ahmad Ramadhan dalam keterangan resminya, Jumat (17/2/2). 

Menurutnya, dua jenazah tersebut selanjutnya dievakuasi dan dibawa menuju rumah sakit untuk diidentifikasi lebih lanjut. 

Selain proses evakuasi, menurut Ramadhan, personel Emergency Medical Team (EMT) di RS lapangan sudah mulai memberikan pelayanan kesehatan. Pelayanan dibuka bagi pasien dokter umum, gigi, dan spesialis ortopedi.

Dia menjelaskan, RS lapangan  menjadi rujukan bagi korban dari RS Kirikhan. Sebab, RS Kirikhan mengalami kelebihan muatan yang mengakibatkan lamanya proses penanganan pasien.