Tornado hantam AS bagian Selatan, sedikitnya 7 tewas

Badai tersebut merusak bangunan dan melemparkan mobil di jalan-jalan pusat kota bersejarah, Selma.

Pekerja membersihkan puing-puing dari rel kereta api setelah tornado melewati pusat kota Selma, Kamis, 12 Januari 2023, di Selma Ala. AP Photo/Butch Dill

Badai yang menimbulkan angin kencang dan tornado melintasi AS bagian Selatan, menewaskan sedikitnya enam orang di Georgia dan satu orang Alabama. Badai tersebut merusak bangunan dan melemparkan mobil di jalan-jalan di pusat kota bersejarah, Selma.

Pihak berwenang mengatakan, akan memberikan gambaran yang lebih jelas tentang tingkat kerusakan dan melakukan pencarian korban tambahan pada Jumat (13/1) waktu setempat, ketika kondisinya diperkirakan kembali pulih. Setelah badai mereda pada Kamis (12/1) malam waktu setempat, puluhan ribu warga di kedua negara bagian tersebut, kehilangan pasokan aliran listrik.

Di Selma, kota yang tercatat dalam sejarah gerakan hak-hak sipil, dewan kota menggunakan lampu dari ponsel saat mengadakan pertemuan di trotoar untuk mengumumkan keadaan darurat.

Direktur manajemen darurat daerah tersebut yakni Ernie Baggett, mencatat enam kematian di Autauga County, Alabama, yang berlokasi di 41 mil (66 kilometer) timur laut Selma. Diperkirakan 40 rumah rusak atau hancur akibat tornado yang memotong jalur sepanjang 20 mil (32 kilometer) melintasi dua komunitas pedesaan.

Setidaknya 12 orang terluka cukup parah untuk dibawa ke rumah sakit oleh petugas tanggap darurat, kata Baggett kepada The Associated Press. Dia mengatakan, tim penyelamat pada Kamis malam, fokus untuk menebang pohon yang tumbang sekaligus mencari orang yang mungkin membutuhkan bantuan.