Trump di hadapan Kongres: Saya menepati janji

Pidato kenegaraan tahunan Donald Trump pada Selasa (4/2) berlangsung di tengah upaya pemakzulan sang presiden.

Presiden Amerika Serikat Donald Trump saat menyampaikan pidato kenegaraan tahunan di Kongres pada Selasa (4/2). REUTERS/Joshua Roberts

Presiden Donald Trump tampil percaya diri bak tengah berkampanye saat menyampaikan pidato kenegaraan tahunan di Kongres pada Selasa (4/2), jelang sidang pemakzulannya. Melanggar kebiasaan, dia tidak berjabat tangan dengan Ketua DPR Nancy Pelosi.

Dalam pembukaan pidatonya, Trump merinci apa yang disebutnya "the great American comeback".

"Malam ini, saya berdiri di depan Anda untuk membagikan hasil yang luar biasa. Lapangan kerja booming. Penghasilan melonjak. Kemiskinan merosot. Kejahatan menurun. Kepercayaan meningkat dan negara kita berkembang dan sangat dihormati lagi," kata Trump.

"Musuh-musuh AS tengah lari kocar-kacir. Peruntungan AS tengah meningkat. Dan masa depan AS sangat cerah. Tahun-tahun kemunduran ekonomi telah berakhir."

Trump mengatakan kebijakan deregulasi dan pemangkasan pajaknya, yang dikritik oleh lawan merusak lingkungan dan memihak orang kaya dibanding orang miskin, menjadi alasan atas keberhasilan tidak tertandinginya di bidang ekonomi.