Trump minta Jepang perkuat ikatan dengan AS

Permintaan tersebut disampaikan Trump bertepatan dengan peringatan ke-60 penandatanganan perjanjian keamanan AS-Jepang.

Presiden Donald Trump saat berjalan menuju podium sebelum memberikan pidato dalam Evangelicals for Trump Coalition Lunch di King Jesus International Ministry di Miami, Florida, Amerika Serikat, Jumat (3/1). ANTARA FOTO/REUTERS/Tom Brenner

Presiden Amerika Serikat Donald Trump menandai peringatan ke-60 tahun penandatangan perjanjian keamanan AS-Jepang dengan meminta sekutunya itu memperkuat ikatan antara kedua negara.

Permintaan itu disampaikan Trump setelah enam bulan dia lalu mengkritik perjanjian tersebut.

"Pada saat lingkungan keamanan terus berkembang dan tantangan baru bermunculan, penting bagi kita untuk memperkuat dan memperdalam persekutuan kita," kata Trump dalam pernyataan yang dikeluarkan pada 18 Januari.

"Saya yakin bahwa dalam beberapa bulan dan beberapa tahun ke depan, sumbangan Jepang bagi keamanan bersama kita akan terus meningkat, dan persekutuan akan terus tumbuh subur."

Pada Juni tahun lalu, Trump mengatakan dalam konferensi pers di Jepang bahwa perjanjian 1960 yang ditandatangani 60 tahun lalu tidak "adil" dan harus diubah. Dia menggemakan kembali pandangan lamanya bahwa Jepang mendapatkan keuntungan dalam bidang pertahanan tanpa banyak mengeluarkan biaya.