Trump serang PM Inggris pascakebocoran kawat diplomatik

Dubes Inggris Sir Kim Darroch menjadi sorotan setelah kawat diplomatik yang berisi penilaiannya terhadap Trump dan pemerintahannya bocor.

Presiden ke-45 Amerika Serikat Donald Trump di Gedung Putih, Senin (8/7). REUTERS/Carlos Barria

Donald Trump telah meningkatkan serangannya terhadap Duta Besar Inggris untuk Amerika Serikat Sir Kim Darroch. Lewat media sosial Twitter, Trump turut menargetkan Perdana Menteri Theresa May.

"Saya sangat kritis tentang cara Inggris dan PM Theresa May menangani Brexit. Dia dan perwakilannya telah menciptakan kekacauan. Saya telah mengatakan kepadanya bagaimana harus mengatasinya, tetapi dia memutuskan untuk melalui jalan lain," twit Trump.

Dia menambahkan, "Saya tidak mengenal dubes, tapi dia tidak disukai atau dipandang baik di AS. Kami tidak akan lagi berurusan dengannya. Berita baik bagi Inggris adalah mereka akan segera memiliki PM baru. Saya sendiri benar-benar menikmati kunjungan kenegaraan yang luar biasa bulan lalu, adalah ratu yang paling membuat saya terkesan!," twit Trump.

....thought of within the U.S. We will no longer deal with him. The good news for the wonderful United Kingdom is that they will soon have a new Prime Minister. While I thoroughly enjoyed the magnificent State Visit last month, it was the Queen who I was most impressed with! — Donald J. Trump (@realDonaldTrump) 8 July 2019

Darroch, menjadi perhatian menyusul kebocoran surel-surelnya pada Minggu (7/7) yang berisi serangkaian kecaman terhadap Trump dan pemerintahannya. Salah satunya menyebutkan pemerintahan Trump disfungsional dan tidak kompeten.