Tugas dokter berhijab di Brasil semakin berat setelah 7 Oktober

Putri seorang imigran asal Lebanon ini yakin pria tersebut bereaksi seperti itu karena satu hal: hijab yang dikenakannya.

Foto: Ist

Setiap hari, setelah 7 Oktober 2023, Batull Sleiman harus siap dengan hari-hari yang lebih berat. Sebagai seorang berhijab dan bekerja sebagai dokter di Brasil, tugasnya jadi lebih menguras kesabaran. Ia kerap didiskriminasi pasiennya. 

Bukan hal yang aneh jika pasien datang dengan perasaan marah ke ruang gawat darurat rumah sakit di São Paulo, Brasil, tempat dokter Batull Sleiman bekerja.

Setiap hari sebelum-sebelumnya, krisis medis baru dan permintaan baru untuk perawatan darurat selalu ia hadapi. Sleiman telah melihat semuanya. Namun dia tidak menyangka tingkat kemarahan yang diterimanya beberapa minggu lalu.

Seorang pasien tiba di ruang pemeriksaannya dengan rasa frustrasi karena menghabiskan waktu menunggu perawatan dokter. Sleiman mengingatkan bahwa masalahnya “tidak mendesak”. Namun, saat dia memperlakukannya, dia menuduhnya tidak sopan.

“Anda bersikap kasar kepada saya karena Anda bukan dari Brasil,” Sleiman ingat perkataannya. “Jika Anda berada di negara Anda…”