Ramai-ramai bangun pabrik di Afrika

Bisnis peritel mulai mencari negara-negara di Afrika dengan ongkos produksi lebih rendah demi mencari keuntungan

Peritel fashion asal Jepang Fast Retailing atau yang dikenal dengan merek pakaian Uniqlo makin giat ekspansi membangun pabrik. Uniqlo berencana untuk membuka pabrik pertamanya di Afrika. 

Uniqlo akan memproduksi produk atasan dan kaos mulai tahun 2018. Pabrik pertama Uniqlo berada di Ethiopia, perusahaan memanfaatkan biaya tenaga kerja rendah. 

Jika pabrik tersebut mampu menghasilkan produk dengan standard kualitas bagus maka perusahaan akan menambah kapasitas produksi. Harapannya bisa menciptakan pasar ekspor di Amerika Serikat (AS) dan Eropa.

Asian Nikkei melaporkan Chairman dan CEO induk Fast Retailing Tadashi Yanai mengakui bahwa Ethiopia menjadi salah satu negara pilihan investasi yang menarik saat ini. Sementara China dan Vietnam tidak lagi menjadi pilihan setelah kenaikan upah. 

Tapi biaya tenaga kerja di Ethiopia tetap rendah bahkan untuk Afrika. Meskipun, negara ini tercatat mengalami pertumbuhan ekonomi yang pesat dibandingkan negara-negara lain di Afrika, namun ongkos buruh di Ethiopia dinilai masih rendah.