Usai kecelakaan, komandan USS Connecticut dan 2 orang lainnya dipecat

USS Connecticut menabrak gunung bawah laut saat beroperasi di Laut China Selatan, 2 Oktober 2021.

Kapal selam USS Connecticut berlayar di permukaan selama seminggu untuk mencapai Guam karena sempat menabrak gunung bawah laut di LCS. Dokumentasi US Navy/Mack Jamieson

Angkatan Laut Amerika Serikat (US Navy) memecat komandan, perwira eksekutif, dan pelaut tamtama USS Connecticut menyusul tabrakan dengan gunung bawah laut di Laut China Selatan (LCS), 2 Oktober 2021. Ketiganya diberhentikan untuk mengurus kapal selam bertenaga nuklir itu per Kamis (4/11) waktu setempat.

Akibat kecelakaan tersebut, USS Connecticut terpaksa berlayar di permukaan selama seminggu untuk mencapai Guam. Ketiganya dipecat setelah adanya keputusan melakukan penyelidikan atas kecelakaan ini.

“Penilaian yang baik, pengambilan keputusan yang bijaksana, dan kepatuhan terhadap prosedur yang diperlukan dalam perencanaan navigasi, pelaksanaan tim pengawasan, dan manajemen risiko dapat mencegah insiden tersebut,” kata Armada ke-7 yang berbasis di Pasifik barat dalam sebuah pernyataan.

Setelah penilaian kerusakan di Guam, kapal akan kembali ke pangkalan kapal selam Amerika Serikat (AS) di Bremerton, Washington, untuk diperbaiki.

Pekal lalu, Navy mengatakan, gunung bawah laut yang ditabrak belum dipetakan saat patroli bawah permukaan berlangsung. Ini berdasarkan hasil penyelidikan sementara.