Zullhas sebut Asia Tenggara bakal jadi pusat pertumbuhan ekonomi hijau

Sekitar 225 juta (33%) dari tootal populasi Asia Tenggara adalah anak muda.

Menteri Perdagangan (Mendag), Zulkifli Hasan (Zulhas). Dokumentasi Kemendag

Menteri Perdagangan (Mendag), Zulkifli Hasan, berpendapat, kawasan Asia Tenggara menjadi pusat pertumbuhan perekonomian hijau. Namun, jika ada sinergi antara pemerintah dengan generasi muda.

"Dengan sinergi pemerintah dan generasi muda, maka bisa mendorong tumbuhnya inisiatif dan inovasi dalam memperkuat perekonomian hijau di Indonesia dan kawasan Asia Tenggara," ucapnya dalam keterangannya, Rabu (28/12).

Zulhas, sapaan Zulkifli, berpendapat, sinergi tersebut dapat dilakukan melalui Green Economy Youth Organization (GEYO). Menurutnya, GEYO mampu mewujudkan misi Indonesia menjadi lebih baik, maju, dan berdaulat pada sektor lingkungan dan ekonomi hijau.

"Saya sangat mengapresiasi dibentuknya GEYO dalam mendorong peran generasi muda sebagai pusat dari pembangunan berkelanjutan, terutama ekonomi hijau," imbuhnya.

Zulhas menambahkan, dalam pertemuan pemimpin ASEAN dengan ASEAN Youth, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengingatkan sekitar 225 juta (33%) dari total populasi Asia Tenggara adalah anak muda. Ini dinilai sebagai keuntungan demografi dan harus dimanfaatkan, agar kawasan menjadi pusat pertumbuhan.