5 tips atasi kaca mobil berembun saat hujan

Embun pada kaca mobil terjadi akibat tingkat kelembaban di luar yang sangat tinggi dan dengan adanya perbedaan suhu di luar dan dalam kabin.

Ilustrasi. iStock

Memasuki musim hujan, beberapa hal yang perlu diwaspadai ketika berkendara. Selain berhati-hati karena jalanan yang licin, pengendara juga perlu memperhatikan jarak pandang. Seringnya, jarak pandang bermasalah karena kaca mobil menjadi berembun. Penyebabnya, permasalahan suhu di dalam kabin yang mengindikasikan adanya masalah pada AC mobil.

Embun pada kaca mobil terjadi akibat tingkat kelembaban di luar yang sangat tinggi dan dengan adanya perbedaan suhu di luar dan dalam kabin mobil. Tentunya kaca mobil yang berembun dapat mengganggu jarak pandang ketika berkendara terlebih saat sedang hujan. Tenang, Carsome, sebuah e-commerce penjualan mobil di Asia Tenggara, punya tips untuk mengatasi kaca mobil yang berembun.

Turunkan temperatur di dalam kabin mobil

Seperti yang sudah disebutkan, embun pada kaca mobil terjadi karena adanya perbedaan suhu yang ada di luar dan di dalam kabin. Untuk itu, kamu dapat menurunkan temperatur di dalam kabin mobil sehingga pengembunan (kondensasi) berkurang.

 Memanfaatkan fitur defrost/defogger