7 tips pahami materi pelajaran dengan cepat

Tidak dapat dipungkiri, belajar memang butuh tingkat konsentrasi yang tinggi dan suasana yang mendukung. 

Ilustrasi-Belajar butuh tingkat konsentrasi yang tinggi dan suasana yang mendukung. Foto istimewa

Sering enggak sih kalian merasa sudah belajar lama, tetapi belum paham juga dengan materi yang dipelajari? Hal ini mungkin disebabkan oleh konsentrasi belajar yang terganggu, entah itu mengecek handphone, melihat televisi, atau justru bermain dengan orang rumah. Karena tidak dapat dipungkiri, belajar memang butuh tingkat konsentrasi yang tinggi dan suasana yang mendukung. 

Nah semua ini sebenarnya bisa diatasi dengan mudah jika kalian paham cara memahami materi pelajaran dengan baik. Zenius telah merangkum bagaimana caranya agar kamu bisa memahami materi pelajaran dengan cepat. Berkut tips dari Zenius: 

1. Membuat mind map sendiri

Salah satu cara untuk memahami materi pelajaran adalah dengan membuat mind map terlebih dahulu. Mind map adalah sebuah kerangka yang dibuat dengan cara mengelompokkan beberapa ide dalam bentuk visual atau gambar untuk membantu mengingat dan memahami dari setiap kerangka materi yang ada.

Sebagai contoh, kamu kelas 11 dan lagi belajar Geografi. Nah, kamu bisa bikin mind mapping materi Geografi yang kamu sedang pelajari. Banyak tools gratisan berbasis web yang bisa kamu gunakan untuk membuat mind map, misalnya MindMup, XMind, atau bahkan Canva.