Apakah hantu benar-benar ada?

Survei lembaga riset Ipsos pada Oktober 2019 mengungkap, sebanyak 46% orang Amerika percaya hantu itu ada.

Sosok hantu./Foto Syaibatulhamdi/Pixabay.com

Jika kamu pernah melihat sosok asing yang menyeramkan, atau merasa ada yang memperhatikan kamu saat berada di suatu tempat, apakah kamu menduga itu hantu? Kamu tak sendirian. Banyak orang percaya eksistensi hantu.

Survei lembaga riset Ipsos pada Oktober 2019 mengungkap, sebanyak 46% orang Amerika percaya hantu itu ada. Lalu, 32% percaya alien pernah mengunjungi bumi. Hanya 7% yang percaya vampir dan 6% percaya adanya zombie. Survei tersebut mengambil sampel dari 1.005 orang berusia 18 tahun ke atas di beberapa negara bagian Amerika Serikat.

Hasil survei ini tak jauh berbeda dengan yang dilakukan lembaga riset YouGov pada Oktober 2021. YouGov, yang melakukan survei terhadap sekitar 1.000 orang dewasa di Amerika Serikat menemukan, sebanyak 43% percaya hantu itu ada. Sedangkan 8%-9% yakin vampir itu nyata.

Sementara itu, riset Pew Research Center tahun 2015 menemukan, sebanyak 18% orang Amerika mengatakan, pernah melihat atau berada di sekitar hantu. Bahkan, sebesar 29% orang Amerika merasa, mereka pernah terhubung dengan seseorang yang sudah meninggal.

Menurut riset Pew Research Center, hanya 11% orang yang sering beribadah, setidaknya seminggu sekali, mengatakan mereka pernah merasakan atau melihat hantu. Sedangkan 23% yang kerap hadir dalam ibadah, lebih jarang mengatakan mereka pernah melihat hantu.