Perhatikan kebersihan mata, hidung dan mulut demi cegah penyebaran corona

Coronavirus bisa menular melalui air liur orang sakit yang menempel pada berbagai benda.

Coronavirus menyebar saat percikan dan penderita masuk ke dalam mata, hidung, dan mulut orang yang sehat./ilustrasi pexels

Pandemi coronavirus atau Covid-19 menjadi topik kesehatan yang sering dibicarakan di seluruh dunia saat ini. Penyebaran yang cepat dengan korban yang besar membuat pandemi Covid-19 menjadi salah satu penyakit yang menakutkan. 

Per Senin (16/3) jumlah kasus terkonfirmasi coronavirus di Indonesia mencapai 134 kasus. Dari jumlah kasus tersebut sebanyak 8 orang telah dinyatakan sembuh dan 5 orang meninggal dunia. 

Coronavirus adalah virus yang menyerang sistem pernapasan, pneumonia akut, hingga kematian. Virus ini bisa menyerang siapa saja baik bayi, anak-anak, orang dewasa, lansia, ibu hamil atau menyusui.

Gejala awal pasien terinfeksi Covid-19 sebenarnya bervariasi antara satu orang dengan orang lainnya. Gejala paling umum yang diderita adalah demam kemudian pasien juga mengalami batuk, pilek, gangguan pernapasan, sakit tenggorokan, dan letih atau lesu. 

Meski begitu, orang yang sudah terinfeksi bisa jadi tidak menunjukkan gejala apa pun, tetapi mereka masih dapat menularkan penyakitnya. Jika gejala-gejala infeksi virus asal China ini tak kunjung membaik dalam hitungan hari, atau gejalanya semakin berkembang, segeralah tanyakan pada dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.