FTJ gelar Lebaran Teater 2022 pada 1-12 Desember

Lebaran Teater baru pertama kali digelar. Ini diadakan sebagai puncak apresiasi teater setelah melalui proses lomba dan kurasi.

Ketua Komite Teater DKJ, Bambang Prihadi (tengah), dan Sharing Committee Festival Teater dan Lebaran Teater Jakarta, Dewi Noviami (kanan)dalam konferensi pers Ingatan dan Kemudian Lebaran Teater 2022, Selasa (29/11/2022). Alinea.id/ Erlinda PW

Festival Teater Jakarta (FTJ), yang lahir sejak 1973 dan menjadi kegiatan tertua di Asia Tenggara, kembali menggelar festival yang ke-49. Berbeda dari sebelumnya, FTJ 2022 dilaksanakan menjadi dua bagian, lomba final FTJ pada 1-9 Oktober lalu dan disambung Lebaran Teater pada 1-12 Desember mendatang.

Program Lebaran Teater 2022 menjadi gelaran yang pertama kali oleh FTJ. Kegiatan dilaksanakan sebagai puncak apresiasi teater setelah melalui proses lomba dan kurasi.

Program ini juga menjadi bentuk kesungguhan Komite Teater Dewan Kesenian Jakarta (DKJ) dan Dinas Kebudayaan (Disbud) DKI Jakarta dalam membangun ekosistem pembinaan dan pengembangan seni teater di ibu kota.

"Lebaran Teater adalah etalase dan laboratorium yang mengakomodasi kelompok-kelompok teater dari berbagai latar belakang, antara lain, teater tradisi, teater kampus, teater pelajar, teater anak, dan teater umum," tutur Ketua Komite Teater DKJ, Bambang Prihadi, dalam "Ingatan dan Kemudian" Lebaran Teater 2022, Selasa (29/11).

Kegiatan akan mengusung tema "Ingatan dan Kemudian". Bambang menjelaskan, pokok pikiran ini berasal dari pandangan Arundhati Roy, penulis asal India, yang memandang pandemi Covid-19 sebagai sebuah portal.